Teknik Geografi dan Geografi Regional

Teknik Geografis

Spesialis dalam teknik geografis mempelajari cara-cara di mana proses geografis dapat dianalisis dan diwakili dengan menggunakan berbagai metode dan teknologi. Pembuatan peta, atau kartografi , mungkin yang paling mendasar. Kartografi telah berperan penting dalam geografi sepanjang zaman.

Pada awal 1500 SM, navigator Polinesia di Samudra Pasifik menggunakan peta kompleks yang terbuat dari batangan kecil dan cangkang yang mewakili pulau dan arus laut yang akan mereka temui dalam pelayaran mereka. Saat ini, satelit yang ditempatkan di orbit oleh Departemen Pertahanan AS berkomunikasi dengan penerima di darat yang disebut unit global positioning system (GPS) untuk secara instan mengidentifikasi lokasi yang tepat di Bumi.

Saat ini, hampir seluruh permukaan bumi telah dipetakan dengan akurasi yang luar biasa, dan banyak dari informasi ini tersedia secara instan di internet . Salah satu situs web yang paling luar biasa adalah Google Earth, yang “memungkinkan Anda terbang ke mana saja di Bumi untuk melihat citra satelit , peta, medan, bangunan 3D, dari galaksi di luar angkasa hingga ngarai lautan.” Intinya, siapa pun bisa jadilah Christopher Columbus virtual dari kenyamanan rumah.

Perkembangan teknologi selama 100 tahun terakhir telah memunculkan sejumlah spesialisasi lain bagi para ilmuwan yang mempelajari teknik geografis. Pesawat memungkinkan untuk memotret tanah dari atas. Sekarang, ada banyak satelit dan kendaraan lain di atas Bumi yang membantu ahli geografi mengetahui seperti apa permukaan planet ini dan bagaimana perubahannya.

Para ahli geografi yang melihat apa yang diungkapkan oleh kamera dan sensor di atas Bumi adalah spesialis penginderaan jauh. Gambar yang diambil dari luar angkasa dapat digunakan untuk membuat peta, memantau pencairan es, menilai kerusakan banjir, melacak tumpahan minyak, memperkirakan cuaca, atau melakukan fungsi lainnya yang tak ada habisnya. Misalnya, dengan membandingkan foto-foto satelit yang diambil dari tahun 1955 hingga 2007, para ilmuwan dari US Geological Survey ( USGS ) menemukan bahwa laju erosi pantai di sepanjang Laut Beaufort Alaska telah berlipat dua. Setiap tahun dari tahun 2002 hingga 2007, sekitar 45 kaki per tahun dari pantai, sebagian besar lapisan es beku , menghilang ke laut.

Sistem terkomputerisasi yang memungkinkan perhitungan yang tepat tentang bagaimana berbagai hal didistribusikan dan saling berhubungan satu sama lain telah menjadikan studi sistem informasi geografis (SIG) menjadi spesialisasi yang semakin penting dalam geografi. Sistem informasi geografis adalah basis data yang kuat yang mengumpulkan semua jenis informasi (peta, laporan, statistik , gambar satelit, survei, data demografis , dan lainnya) dan menghubungkan setiap bagian data ke titik referensi geografis, seperti koordinat geografis . Data ini, yang disebut informasi geospasial , dapat disimpan, dianalisis, dimodelkan, dan dimanipulasi dengan cara yang tidak mungkin sebelum teknologi komputer GIS ada.

Popularitas dan pentingnya GIS telah memunculkan ilmu baru yang dikenal sebagai ilmu informasi geografis (GISci). Ilmuwan informasi geografis mempelajari pola-pola di alam serta perkembangan manusia. Mereka mungkin mempelajari bahaya alam, seperti kebakaran yang melanda Los Angeles, California, pada tahun 2008. Sebuah peta yang diposting di internet menunjukkan penyebaran api waktu-nyata, bersama dengan informasi untuk membantu orang membuat keputusan tentang cara melakukan evakuasi dengan cepat. GIS juga dapat menggambarkan perjuangan manusia dari perspektif geografis, seperti peta online interaktif yang diterbitkan oleh New York Times pada Mei 2009 yang menunjukkan tingkat penyitaan bangunan di berbagai wilayah di sekitar wilayah Kota New York.

Kemungkinan besar untuk menghasilkan peta dan diagram yang terkomputerisasi yang dapat membantu kita memahami masalah lingkungan dan sosial telah menjadikan visualisasi geografis sebagai spesialisasi yang semakin penting dalam geografi. Informasi geospasial ini sangat diminati oleh hampir setiap lembaga, mulai dari lembaga pemerintah yang memantau kualitas air hingga pengusaha yang memutuskan di mana harus mencari bisnis baru.

Geografi Regional

regional mengambil pendekatan yang agak berbeda untuk spesialisasi, mengarahkan perhatian mereka pada karakteristik geografis umum suatu wilayah. Seorang ahli geografi regional mungkin berspesialisasi dalam studi Afrika, mengamati dan mendokumentasikan orang, bangsa, sungai, gunung, gurun, cuaca, perdagangan, dan atribut lain dari benua. Ada berbagai cara Anda dapat mendefinisikan suatu wilayah. Anda dapat melihat zona iklim, wilayah budaya, atau wilayah politik. Seringkali geografer regional memiliki kekhasan geografi fisik atau manusia serta kekhasan regional.

Geografer regional juga dapat mempelajari wilayah yang lebih kecil, seperti daerah perkotaan. Seorang ahli geografi regional mungkin tertarik pada pertumbuhan kota seperti Shanghai, Cina. Mereka akan mempelajari transportasi, migrasi , perumahan, dan penggunaan bahasa, serta dampak manusia terhadap unsur-unsur lingkungan alam, seperti Sungai Huangpu.

Apakah geografi dianggap sebagai disiplin atau sebagai fitur dasar dari dunia kita, mengembangkan pemahaman tentang subjek adalah penting. Beberapa pemahaman geografi sangat penting karena orang berusaha memahami dunia dan memahami tempat mereka di dalamnya. Berpikir secara geografis membantu orang untuk menyadari hubungan di antara dan di antara tempat-tempat dan untuk melihat betapa pentingnya peristiwa dibentuk oleh di mana mereka terjadi. Akhirnya, mengetahui sesuatu tentang geografi memperkaya kehidupan orang-orang – mempromosikan rasa ingin tahu tentang orang lain dan tempat-tempat dan apresiasi terhadap pola, lingkungan, dan orang-orang yang membentuk planet beragam menarik tanpa akhir di mana kita hidup.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*