Pipa Metal dan Tube Bending

Pipa Metal dan Tube Bending

Bahkan sebagai seorang anak, Anda mungkin menekuk logam. Anda mungkin telah menekuk klip kertas logam, atau bahkan peralatan makan orang tua Anda. Atau Anda mungkin lebih suka membuat badut pembersih pipa. Atau Anda bisa saja terjebak untuk menekuk tabung pasta gigi (Itu logam saat itu, bukan?). Satu hal yang pasti, logam yang Anda tekuk saat kanak-kanak bukanlah balok baja atau tabung, dan tidak pernah harus cukup kuat untuk menahan atap stadion atau roller coaster.

Sebagai orang dewasa, kami mengandalkan balok logam melengkung, pipa, tabung, dan sudut dalam segala hal mulai dari bangku taman sederhana hingga tangga spiral hingga beberapa bagian gedung pencakar langit modern. Kunjungi bandara atau museum yang dibangun dalam beberapa dekade terakhir dan hitung jumlah struktur logam melengkung yang Anda temukan.

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mereka melakukannya? Maksud saya, bagaimana Anda bisa menekuk balok baja dan tetap mempertahankan kekuatan untuk mendukung atap bandara? Nah, ada empat cara.

Bergulir Untuk Menekuk Logam

Rolling adalah cara paling terkenal untuk membengkokkan logam, mungkin karena itu adalah yang paling murah. Rolling menggunakan die ukuran yang sesuai yang menyesuaikan dengan tabung baja, sudut, pipa, saluran, batang atau balok baja dan berputar pada kecepatan periferal yang sama, berputar ke arah yang berlawanan. Saat logam melewati gulungan, mesin memberikan tekanan untuk menekuk pipa atau balok ke radius yang diinginkan.

Penggulungan efektif ketika bahan logam, plastik, kaca, apa pun – harus banyak ditekuk. Misalnya, dapat menghasilkan tikungan hingga 360 derajat. Metode ini sangat ideal untuk memproduksi gulungan baja, tangga spiral dan sejenisnya.

Ada berbagai jenis proses penggulungan. Hot rolling (di atas suhu rekristalisasi) kebanyakan menghasilkan lembaran logam. Sebagian besar struktur logam non-besi digulung dingin, tetapi baja biasanya digulung panas.

Karena rolling memerlukan lebih sedikit pekerjaan pengaturan dan menggunakan cetakan yang dibuat sebelumnya, biayanya lebih murah daripada cara lain untuk membengkokkan dan membentuk baja, sehingga perusahaan sering memilih ini ketika sesuai dengan spesifikasi mereka.

Baca Juga : Dasar-Dasar Tube Bending

Mandrel Menekuk Logam

Tekuk mandrel juga cukup terkenal. Dalam proses ini, poros logam, atau mandrel, dipasang di dalam tabung baja atau pipa. Saat mandrel bergerak, ia menekuk logam di sekitar die yang sesuai ukuran untuk membentuk jari-jari.

Mandrel bekerja paling baik ketika tabung baja atau pipa memiliki dinding yang berat dan / atau membutuhkan jari-jari yang ketat karena mencegah material dari riak. Mandrel hanya dapat menekuk tabung baja hingga 180 derajat, tetapi menghasilkan tikungan yang seragam sepanjang jalan naik dan turun pipa atau tabung. Jelas, proses ini tidak banyak berguna untuk membengkokkan balok atau lembaran logam, namun, digunakan dalam menekuk pipa knalpot, gelas cair dan dalam kasus yang sangat kecil, perhiasan.

Tekan Untuk Menekuk Logam

Metode Press adalah cara ketiga untuk menekuk logam. Tabung baja, pipa, saluran, batang atau balok baja diumpankan melalui pers, yang menerapkan tekanan setiap 6 atau 7 inci sampai material tertekuk sesuai spesifikasi.

Tekan digunakan untuk membengkokkan balok, pipa, saluran, batang atau tabung yang lebih besar dan lebih berat (24 inci atau lebih tebal) yang tidak memerlukan jari-jari yang sangat ketat.

Ini adalah proses yang kurang umum daripada rolling atau mandrel. Namun, ia mampu menghasilkan balok penopang baja bantalan beban yang besar yang digunakan untuk sekolah, atap, gedung pencakar langit, gimnasium, mal dan jembatan.

Pembentukan Meja Untuk Menekuk Logam

Pembentukan tabel adalah proses keempat. Tabung baja, pipa, atau balok diletakkan lurus dan ujungnya ditarik di sekitar die ukuran yang sesuai untuk membentuk jari-jari.

Pembentukan meja digunakan terutama untuk menekuk tabung baja yang lebih kecil, lebih berat, pipa, saluran, batang atau balok baja yang membutuhkan radius yang ketat.

Tetapi jika semua pembengkokan logam terlalu banyak untuk Anda, ambil pembersih pipa itu dan buat anak-anak Anda kagum dengan badut pembersih pipa berwarna-warni yang bisa Anda bentuk dengan menekuk logam di rumah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*