Mengenal Llmu Geografi Fisik dan Manusia

Dilansir dari resaja.com berikut ini matri ilmu geografi tentang geografi fisik dan manusia.

Geografi Fisik

Lingkungan alam adalah perhatian utama ahli geografi fisik, meskipun banyak ahli geografi fisik juga melihat bagaimana manusia mengubah sistem alam. Ahli geografi fisik mempelajari musim, iklim , atmosfer , tanah Bumi, stream, bentang alam, dan lautan. Beberapa disiplin ilmu dalam geografi fisik termasuk geomorfologi , glasiologi , pedologi , hidrologi , klimatologi , biogeografi , dan oseanografi .

Geomorfologi adalah studi tentang bentang alam dan proses yang membentuknya. Ahli geomorfologi menyelidiki sifat dan dampak angin , es, sungai, erosi , gempa bumi , gunung berapi , makhluk hidup, dan kekuatan lain yang membentuk dan mengubah permukaan bumi.

Ahli glasiologi fokus pada bidang es Bumi dan dampaknya pada iklim planet ini. Ahli glasiologi mendokumentasikan properti dan distribusi gletser dan gunung es . Data yang dikumpulkan oleh ahli glasiologi telah menunjukkan mundurnya es Arktik dan Antartika pada abad yang lalu.

Para pedolog mempelajari tanah dan bagaimana tanah itu dibuat, diubah, dan diklasifikasikan. Studi tanah digunakan oleh berbagai macam profesi, mulai dari analisis kesuburan lahan oleh para petani hingga insinyur yang menyelidiki kesesuaian berbagai area untuk membangun struktur yang berat.

Hidrologi adalah studi tentang air Bumi: sifat, distribusi, dan efeknya. Ahli hidrologi sangat peduli dengan pergerakan air saat ia berputar dari laut ke atmosfer, lalu kembali ke permukaan bumi. Ahli hidrologi mempelajari siklus air melalui curah hujan ke aliran, danau , tanah, dan akuifer bawah tanah . Ahli hidrologi memberikan wawasan yang sangat penting untuk membangun atau menghilangkan bendungan , merancang sistem irigasi , memantau kualitas air , melacak kondisi kekeringan , dan memperkirakan risiko banjir.

Ahli iklim mempelajari sistem iklim Bumi dan dampaknya pada permukaan bumi. Sebagai contoh, ahli iklim membuat prediksi tentang El Nino , fenomena cuaca siklus suhu permukaan yang hangat di Samudra Pasifik. Mereka menganalisis perubahan iklim sedunia yang dramatis yang disebabkan oleh El Nino, seperti banjir di Peru, kekeringan di Australia, dan, di Amerika Serikat, keanehan hujan Texas yang deras atau musim dingin Minnesota yang hangat tanpa musim. Ahli biogeografi mempelajari dampak lingkungan pada distribusi tumbuhan dan hewan. Sebagai contoh, seorang biogeografer mungkin mendokumentasikan semua tempat di dunia yang dihuni oleh spesies laba-laba tertentu, dan kesamaan apa yang dimiliki tempat-tempat itu.    

Oseanografi, disiplin ilmu terkait geografi fisik, berfokus pada makhluk dan lingkungan lautan dunia. Pengamatan pasang surut laut dan arus merupakan beberapa penyelidikan oseanografi pertama. Sebagai contoh, pelaut abad ke-18 menemukan geografi Gulf Stream , arus besar yang mengalir seperti sungai melalui Samudra Atlantik. Penemuan dan pelacakan Gulf Stream membantu komunikasi dan perjalanan antara Eropa dan Amerika.

Hari ini, ahli kelautan melakukan penelitian tentang dampak pencemaran air, melacak tsunami , merancang anjungan minyak lepas pantai , menyelidiki letusan bawah laut dilava , dan pelajari semua jenis organisme laut dari ganggang beracun hingga lumba-lumba yang bersahabat.

Geografi Manusia Geografi

manusia berkaitan dengan distribusi dan jaringan orang dan budaya di permukaan bumi. Seorang ahli geografi manusia dapat menyelidiki dampak lokal, regional, dan global dari meningkatnya kekuatan ekonomi China dan India, yang mewakili 37 persen orang di dunia. Mereka juga mungkin melihat bagaimana konsumen di Cina dan India menyesuaikan diri dengan teknologi dan pasar baru , dan bagaimana pasar menanggapi basis konsumen yang begitu besar.

Geografer manusia juga mempelajari bagaimana orang menggunakan dan mengubah lingkungan mereka. Ketika, misalnya, orang membiarkan hewan mereka menggembalakan suatu wilayah, tanah terkikis dan padang rumput diubah menjadi gurun pasir . Dampak dari penggembalaan yang berlebihanpada lanskap serta produksi pertanian adalah bidang studi geografi manusia.

Akhirnya, ahli geografi manusia mempelajari bagaimana sistem politik, sosial, dan ekonomi diorganisasikan melintasi ruang geografis. Ini termasuk pemerintah , organisasi keagamaan, dan kemitraan dagang. Batas-batas kelompok ini terus berubah.

Divisi utama dalam geografi manusia mencerminkan keprihatinan dengan berbagai jenis aktivitas manusia atau cara hidup. Beberapa contoh geografi manusia termasuk geografi perkotaan , geografi ekonomi, geografi budaya, geografi politik, geografi sosial, dan geografi populasi. Ahli geografi manusia yang mempelajari pola dan proses geografis di masa lalu adalah bagian dari subdisiplingeografi sejarah. Mereka yang mempelajari bagaimana orang memahami peta dan ruang geografis termasuk dalam subdisiplin yang dikenal sebagai geografi perilaku.

Banyak ahli geografi manusia yang tertarik pada hubungan antara manusia dan lingkungan bekerja dalam subdisiplin geografi budaya dan geografi politik .

Ahli geografi budaya mempelajari bagaimana lingkungan alami memengaruhi perkembangan budaya manusia, seperti bagaimana iklim memengaruhi praktik pertanian suatu wilayah. Ahli geografi politik mempelajari dampak keadaan politik terhadap interaksi antara manusia dan lingkungannya, serta konflik lingkungan, seperti perselisihan tentang hak atas air.

Beberapa ahli geografi manusia fokus pada hubungan antara kesehatan manusia dan geografi. Misalnya, ahli geografi kesehatan membuat peta yang melacak lokasi dan penyebaran penyakit tertentu. Mereka menganalisis kesenjangan geografis dari akses layanan kesehatan. Mereka sangat tertarik dengan dampak lingkungan terhadap kesehatan manusia, terutama dampak bahaya lingkungan seperti radiasi , timahkeracunan, atau polusi air.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*