Langkah Budidaya Tanaman Hias Anggrek Paling Gampang Dicoba

Bila bicara tentang budidaya tanaman hias anggrek , kita kemungkinan cuma pikirkan hoby satu orang yang menyukai menanam tanaman hias. Tetapi, sebetulnya ini dapat jadi kesempatan usaha sambilan yang menarik.

Namun, memang budidaya tanaman hias anggrek memerlukan kesabaran yang tambahan. Karena bunga yang satu ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh besar serta berbunga.

Tetapi, bila kamu sukses lakukan budidaya dengan barisan anggrek yang langka, harga dapat ditaksir mahal.

Barisan Tanaman Hias Anggrek

Ada dua barisan tanaman hias anggrek berdasar langkah hidupnya. Yaitu barisan Epiphyt yang hidup melekat pada tanaman lain, selanjutnya barisan Terrestris yang hidup di tanah atau media tanam dengan tingkat kesuburan tinggi.

Ketidaksamaan barisan anggrek ini akan punya pengaruh pada langkah budidayanya. Karena bibit Epiphyt akan dibudidaya dengan mengalihkannya ke tangkai pohon tanaman lain supaya melekat. Sedang Terrestris dipindahkan ke pot besar.

Panduan Budidaya Tanaman Hias Anggrek

Untuk lakukan budidaya tanaman hias anggrek, kamu harus memerhatikan panduan di bawah ini.

Cahaya Matahari

Anggrek harus ditanam dalam tempat yang ada cahaya matahari dengan intensif cukup, dan suhu tempat penanaman seputar 14 derajat sampai 36 derajat Celcius. Ini penting untuk menolong perkembangan anggrek tersebut. Tetapi, tidak sama tipe anggrek memperbedakan kandungan cahaya matahari yang diperlukan.

Tipe anggrek Vanda, Renanthera serta Arachnis memerlukan cahaya matahari langsung. Selanjutnya tipe Ancedium, Dendrobium serta Cattleya memerlukan cahaya matahari tidak langsung. Sedang tipe Phaphiopedilum serta Phalaenopsis pas ditanam di halaman rumah yang teduh.

Ketinggian

Ketinggian daratan dari tempat budidaya tanaman hias anggrek harus juga diperhitungkan. Tipe anggrek Vanda serta Arachnis seharusnya ditanam pada ketinggian 500 mtr. di atas permukaan laut (mdpl).

Anggrek Dendrobium, Oncidium atau Cattleya seharusnya ditanam di ketinggian 500 sampai 1000 mdpl. Dan anggrek Cymbidium serta anggrek Miltonia di atas 1001 mdpl.

Perkembangan Akar serta Tangkai

Waktu anggrek tumbuh, akarnya kadang ada ke permukaan tanah atau pot. Bila lihat ini, pertanda tanaman anggrek tumbuh secara baik serta memerlukan pot yang semakin besar. Jadi, jangan mendesak akar ke tanah ya!.

Selanjutnya tangkai anggrek yang hidup melekat di tangkai pohon lain atau hidup di pot dapat juga saja rubuh sebab beban dari bunga yang tumbuh melengkung ke bawah. Mengantisipasi ini dengan menyokong tangkai di tiang bambu kecil.

Langkah Budidaya Tanaman Hias Anggrek

  1. Tanam Bibit Anggrek

Step pertama dari budidaya tanaman hias anggrek dengan beli bibit. Bibit di jual seputar 17.500 rupiah untuk 10 bibit dengan usia bibit 3-5 bulan. Bibit ini diletakkan di pot kecil memiliki ukuran botol air mineral ukuran sedang.

Tetapi, Ada juga bibit berusia 1 tahun yang telah mempunyai daun serta akar. Bila kamu pilih bibit ini, kamu perlu menanam bibit sepanjang 3 bulan, lantas alihkan ke pot kecil berdiameter 6 cm sampai 12 cm. Sesudah 3 bulan , alihkan ke pot besar untuk dikerjakan budidaya tanaman hias anggrek.

  1. Perpindahan Bibit Anggrek

Bibit yang bertumbuh akan dipindahkan ke media tanamnya. Untuk anggrek Epiphyt, bibit yang telah mulai bertumbuh dipindahkan ke tangkai pohon yang teduh serta cukup disinari matahari dengan ukuran sedang (tidak terik).

Sedang untuk anggrek Terrestris, alihkan ke pot yang belih besar. Untuk pot yang dipakai sendiri sebaiknya pilih pot memiliki bahan tanah liat dengan beberapa lubang di bawahnya untuk menolong proses drainase air.

Selanjutnya, media tanam tanaman anggrek terbagi dalam kombinasi beberapa elemen. Seperti pecahan batu bata atau genteng, tangkai pakis, serutan atau potongan kayu, sabut kelapa serta arang kayu.

Bila kamu ingin menyederhanakan proses ini, beli saja pot yang telah berisi media tanam untuk anggrek.

  1. Perawatan Anggrek

Dalam budidaya tanaman hias anggrek, siram sekitar 2x satu hari dengan air bersih. Tetapi bila musim penghujan datang, karena itu alihkan anggrek dalam tempat yang mempunyai atap, supaya tidak diguyur hujan terus-terusan. Sebab nanti akan menyebabkan pembusukan akar anggrek.

Tanaman hias anggrek sebetulnya tidak dapat asal-asalan diberi pupuk. Bila kamu ingin percepat perkembangan anggrek, karena itu bertanya pakar atau toko tempat kamu beli bibit anggrek itu berkaitan tipe pupuk yang pas.

  1. Pendewasaan Anggrek

Bila kamu telah merawatnya secara baik, karena itu tinggal nantikan saja sampai tanaman hias anggrek jadi dewasa serta berbunga lebat. Sebetulnya, anggrek remaja juga berbunga, tapi belum kebanyakan.

Perlu waktu yang lama memang untuk lakukan budidaya tanaman hias anggrek. Rata-rata waktunya dari mulai 1 tahun sampai 6 tahun. Hingga usaha ini dapat kamu buat jadi usaha sambilan saja, sekaligus juga memperdalam hoby menanam tanaman hias.

Hasil dari kestabilan ini, anggrek remaja tipe biasa seperti Dendrobium serta Phalaenopsis remaja di jual dari mulai harga Rp 60 ribu. Sedang anggrek dewasa (khususnya tipe atau corak yang langka) dapat di jual beberapa ratus ribu sampai juta-an rupiah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*