Jenis-Jenis Skema Pemipaan Kolam Renang serta Pemasangannya

Skema pemipaan kolam renang ialah hal yang perlu untuk kelangsungan kolam renang tersebut. Dengan skema pemipaan yang baik, karena itu perputaran kolampun bisa menjadi baik. Hingga, air bisa terbangun kebersihannya. Tetapi bila perputaran air pada kolam jelek, karena itu bisa berimbas pada kualitas air yang jelek. Disamping itu, perputaran kolam yang jelek akan menyebabkan perawatan kolam yang tidak optimal.

Tipe Skema Pemipaan Kolam Renang

Skema Pemipaan Kolam Renang

Pada dasarnya, skema perputaran kolam renang terbagi dalam dua sisi, yakni skema mekanikal serta skema pemipaan. Info selanjutnya tentang ke-2 skema ini akan diterangkan pada rincian berikut.

Skema perputaran yang pertama ialah skema mekanikal. Skema ini ,adalah skema yang menyertakan mesin pompa serta filter. Tanpa ada skema ini gerakan air kolam renang tidak berjalan serta tidak membuahkan kualitas air yang baik. Oleh karenanya proses perputaran air kolam renang benar-benar tergantung pada skema ini. Disamping itu, skema ini menyertakan skema elektrikal yang berbentuk panel yang tersambung dengan satu jaringan listrik. Jaringan berikut yang mempunyai peranan jadi pemasok daya pada skema mekanikal ini.

Setelah itu skema pemipaan kolam renang (plumbing). Skema pemipaan berbentuk jaringan instalasi pipa air yang dipetakan menurut keperluan. Skema ini ditujukan jadi jalan penting penghubung di antara skema mekanikal serta kolam renang. Dalam ini, skema pemipaan kolam renang dibedakan jadi beberapa jenis seperti yang tercantum pada rincian berikut.

Perbedaan Sistem Kolam Renang Overflow dan Skimmer

Skema Pemipaan Jalan Inlet

Skema pemipaan kolam renang yang pertama ialah jalan inlet. Yang disebut dengan jalan inlet ialah dimana jalan masuknya air dari pompa ke kolam renang yang melalui nozzel inlet atau inlet fitting. Jadi, air akan dihisap pompa, kemudiaan disaring, serta masuk kembali pada kolam lewat jalan inlet. Bila pemipaan kolam renang jalan ini rusak karena itu air yang disalurkan ke kolam tidak sesuai keinginan.

Skema Pemipaan Jalan Vacuum

Ke-2 pemipaan jalan vacuum ialah sistempemipaan kolam renang yang dipakai untuk mengisap kotoran pada fundamen kolam renang. Jalan ini untuk menyalurkan air ke arah filter kolam renang untuk disaring. Selanjutnya air bersih hasil penyaringan akan disalurkan kembali pada dalam kolam. Bila kondisi kolam begitu kotor umumnya kotoran yang di vacuum akan langsung dibuang dari jalan ini tanpa ada masuk ke filter. Jalan vacuum ini dipakai waktu penerapan vacuum kolam renang. Selang vacuum untuk mengisap kotoran akan dipasangkan pada jalan ini sehinggan kotoran akan masuk ke filter.

Skema Pemipaan Jalan Skimmer

Ke-3, yakni skema pemipaan kolam renang jalan skimmer. Skema ini menyalurkan air dari box skimmer dengan disedot ke arah pompa. Jalan skimmer serta box skimmer ini cuma ada di kolam renang tipe skimmer. Box skimmer sendiri berperan jadi balancing tank. Dari sini, air akan disalurkan ke filter untuk setelah itu di masukan ke kolam kembali.

Skema Pemipaan Jalan Overflow

Setelah itu, yakni skema pemipaan kolam renang jalan overflow. Skema ini adalah jalan air dari gutter yang mengalir mengarah balancing tank. Sesuainamanya, skema pemipaan ini cuma ada di kolam renang tipe overflow. Air dari balancing tank akan disalurkan ke arah filter untuk disaring. Dan akan dialorkan kembali dalam kolam.

Skema Pemipaan Jalan Maindrain

Ke lima ialah skema pemipaan jalan maindrain. Skema ini adalah jalan air dibagian bawah/lantai kolam yang mengisap air ke arah pompa kolam. Jalan maindrain ini terletak dibawah lantai kolam renang. Waktu penerapan vacuum, jalan pemipaan ini akan ditutup, serta yang dibuka ialah jalan pemipaan vacuum.

Skema Pemipaan Jalan Back Wash

Skema pemipaan kolam renang yang paling akhir ialah skema jalan back wash. Jalan ini adalah pipa aliran pembuangan air yang dipakai saat membersihkan filter kolam renang. Air dari jalan ini akan langsung dibuang keluar sebab air itu adalah air kotor sisa membersihkan filter. konsultasi segera hubungi kontraktor kolam renang kolambali

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*