Dasar-Dasar Tube Bending

Dasar-Dasar Tube Bending

Tubing benders adalah mesin otomasi yang digunakan untuk membengkokkan atau membentuk logam. Sebagai contoh memvisualisasikan tuba trombone, terompet, tanduk Perancis, alat musik kuningan. Demikian juga banyak pipa ledeng berisi batang logam yang telah dibengkokkan oleh mesin otomasi.

Ada semua jenis tabung lentur dan tidak sesederhana mengambil sebatang atau sepotong logam dan menekuknya. Proses panas dan dingin kadang-kadang digunakan. Bender tubing juga dapat melakukan pembengkokan tekan, pembungkusan tarikan rotari, dan pembengkokan push tiga rol.

Mesin CNC adalah mesin otomatis yang dapat menekuk pipa ke bentuk yang diinginkan. Mereka juga dikenal sebagai mesin CNC, atau mesin Computer Numerical Controlled. Ini berarti bahwa mesin dapat diprogram untuk menekuk dan memotong tabung logam pada pengukuran yang sangat tepat.

Sebagian besar mesin CNC dapat melakukan pembengkokan tabung ke arah yang berbeda. Tabung membungkuk di sekitar apa yang disebut mati. Die mengontrol sudut tikungan. Die tetap diam karena tabung dimasukkan ke dalam mesin (baik secara otomatis atau manual) dan ditekuk di sekitar die.

Pembengkokan tabung juga bisa disebut pembengkokan pipa. Ada berbagai jenis pipa lentur seperti pipa lentur kompresi. Di sinilah pipa ditekuk menjadi radius yang sangat ketat. Alat mandrel dapat digunakan untuk mencapai ini. Draw pipa bending digunakan untuk pipa dengan dinding tipis dan memberikan kontrol maksimum penipisan dinding. Pembengkokan pipa aluminium mungkin adalah bentuk yang paling sulit karena bahannya sangat keras.

Mesin bending tabung atau Bar Bending membuat segalanya lebih mudah daripada membengkokkan tabung dengan tangan. Mesin-mesin ini dapat digenggam atau dipasang di lantai. Pengguna memegang tabung di satu ujung sementara mesin penyok tabung memaksa pipa melalui dirinya sendiri dan membengkokkannya di sekitar titik fokus. Tubing biasanya berbentuk silinder (atau stock bulat) tetapi tubing persegi panjang dan persegi juga bisa ditekuk.

Untuk mencegah kerutan dan pecahnya tabung selama proses pembengkokan, mandrel kadang-kadang dimasukkan ke dalam tabung. Mandrel memberikan dukungan ekstra pada tabung. Ada banyak jenis mandrels yang digunakan, seperti mandrel plug, Mandrel bentuk, Mandrel bola tanpa kabel, Mandrel bola dengan kabel atau hanya pasir yang dikemas ke dalam tabung.

Selama pembengkokan manual, terkadang pegas lentur digunakan untuk melayani fungsi yang sama seperti mandrels. Pegas lentur ini dimasukkan ke dalam tabung selama lentur untuk mendukung dinding pipa.

Jenis bahan yang digunakan dalam aplikasi penyok tabung dapat sangat bervariasi tergantung pada aplikasi. Baja paduan yang berbeda dapat digunakan tergantung pada bentuk produk yang akan ditekuk.

Bar Bending banyak digunakan sebagai lahan usaha yaitu Jasa Rental Bar Bending dengan harga yang bervariasi namun tetap bisa dijangkau oleh penyewa, karena daripada beli baru yang terbilang cukup mahal, menyewa alat kontruksi adalah alternatif untuk mengurangi budget kontruksi.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*