7 Manfaat Buah Anggur

gambar buah anggur

Buah anggur merupakan buah yang unik dengan beberapa warna pilihan namun tetap memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan kalori pada anggur yang berwarna merah lebih sedikit dibandingkan dengan buah anggur yang berwarna hijau, karena semakin pekat warna buah-buahan maka semakin banyak kandungan fitonutrien dan antioksidan yang terdapat pada buah tersebut.

Dalam 100 gr buah anggur mengandung sekitar 69 kalori.anggur juga merupakan sumber vitamin A, C, B6, folat, kalium, kalsium, zat besi, selenium, fosfor dan beberapa zat penting lainnya yang bermanfaat baik bagi tubuh.

Beberapa manfaat buah anggur jika dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan tubuh antara lain.

1.  Mencegah penyakit jantung

Serat dan potasium pada anggur dapat membantu kesehatan jantung. Menurut penelitian, mengkonsumsi 4069 mg potassium setiap harinya dapat mengurangi resiko kematian karena penyakit jantung iskemik sekitar 49 persen. Asupan potasium juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke, melindungi kepadatan tulang dan menurunkan resiko terkena penyakit batu ginjal. Kadar nitrat dalam dalam darah dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi anggur sehingga mengurangi resiko pembekuan darah pada tubuh. Oleh karena itu anggur bagus untuk kesehatan jantung.

2.  Mencegah penyakit kanker

Anggur merah mengandung kandungan resveratrol yaitu sejenis antioksidan yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan ini juga berfungsi untuk menghalau radiasi sinar ultraviolet A dan B yang bisa menyebabkan kanker kulit.

3.  Menjaga kesehatan otak

Sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa kandungan resveratrol pada buah bisa membantu memperkuat daya ingat manusia karena kandungan resveratrol pada anggur berfungsi untuk memperlancar peredaran darah menuju otak. Otak membutuhkan darah sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.

4.  Menurunkan resiko diabetes

Anggur termasuk buah yang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5.  Menjaga kadar kolesterol

Kandungan zat resveratrol dan saponin pada anggur merah dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Kedua zat tersebut dapat menangkap kelebihan kolesterol sebelum diserap kedalam darah sehingga kadar kolesterol tubuh tetap seimbang dan terhindar dari penyakit obesitas dan juga penyakit jantung.

6.  Meredakan gangguan osteoporosis

Kandungan boron pada buah anggur dapat menguatkan tulang sehingga bisa terhindar dari penyakit osteoporosis. Mengkonsumsi buah anggur secara teratur disertai olahraga yang rutin akan membantu menguatkan tulang dan otot tubuh.

7.  Untuk kecantikan wajah

Manfaat buah anggur juga bisa berfungsi untuk kecantikan. Kandungan nutrisi pada anggur bisa membantu menghaluskan dan membuat kulit wajah lebih kencang dan halus. Masker wajah dari anggur bisa digunakan dicampur dengan madu secara rutin.

Itulah beberapa manfaat buah anggur yang bisa kita rasakan untuk kesehatan tubuh kita. Semoga penjelasan ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*