cara membeli mobil bekas

5 Tips Membeli Mobil Bekas yang Bikin Untung

Membeli mobil bekas sudah menjadi pilihan jika Anda memiliki anggaran terbatas. Tapi jangan khawatir, sekarang ada solusi yang semakin murah untuk membeli mobil bekas, yaitu dengan membeli taksi.

Perusahaan taksi pada periode waktu tertentu, biasanya memperbarui armada taksi. Apalagi taksi bekas akan dijual dengan harga murah. Beberapa penjual telah bekerja dengan perusahaan taksi untuk memasarkan mobil-mobil ini kepada pembeli, membuatnya lebih mudah untuk dikelola.

Meski harganya relatif murah, kita harus hati-hati mempertimbangkan kondisi mobil. Bagaimana saran untuk perburuan taksi bekas? Ayo lihat di bawah.

cara membeli mobil bekas
cara membeli mobil bekas agar untung

1. Tentukan Anggaran dan Ketersediaan Jenis Kendaraan

Armada taksi menggunakan berbagai jenis mobil. Dari sedan pemula seperti Toyota Etios Liva mulai dari Rp35 juta, sedan menengah seperti Toyota Vios Limo mulai dari 50 juta rupee, sedan mewah seperti Mercedes-Benz C200 dengan harga mulai dari Rp 200 juta, hingga MPV mewah seperti Toyota Alphard Dengan harga mulai dari 250 juta rupee. Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda agar tidak membeli mobil yang salah.

2. Lihat Jarak yang Ditempuh oleh Mesin

Tidak dapat dipungkiri bahwa membeli taksi bekas, hasilnya adalah jarak yang ditempuh cukup jauh. Anda dapat melihat jarak yang biasanya mencapai ratusan kilometer pada odometer mobil.

Tetapi jika Anda beruntung, Anda juga dapat menemukan taksi bekas yang telah menempuh jarak yang sangat jauh. Tidak sedikit armada taksi yang panjangnya masih kurang dari 100.000 km, tetapi tidak digunakan oleh perusahaan. Jadi Anda harus waspada untuk mencarinya.

Jarak tempuh akan mempengaruhi kinerja mesin, karena semakin tinggi jarak tempuh atau jarak tempuh, semakin sulit mesin akan bekerja. Pada saat yang sama, Anda dapat memeriksa mesin apakah suaranya masih bagus atau tidak.

3. Perhatikan Kaki-kaki Mobil

Selain mesin, kaki juga merupakan salah satu bagian terlemah dari taksi yang digunakan. Karena jarak tempuh yang tinggi, kaki-kaki telah melewati banyak medan selama operasi.

Selain itu, jika ban tidak digunakan dalam waktu lama karena mobil dibungkam di perusahaan taksi, kinerjanya akan mengurangi cengkeraman jalan. Jangan gunakan kaki mobil yang tiba-tiba menemui masalah yang dapat mengganggu penerbangan.

Kemudian jika mobil yang Anda pilih termasuk mobil mewah yang menggunakan berbagai fitur yang memanfaatkan listrik mobil, Anda harus memeriksa fungsinya satu per satu. Listrik adalah salah satu komponen yang cukup kompleks untuk memperbaikinya jika ada sesuatu yang rusak.

4. Pastikan Kendaraan Tidak Kebanjiran atau Bekas Tabrakan

Karena banyaknya penjualan taksi bekas, kami tidak tahu apakah mobilnya mogok atau tidak, dan tidak pernah terjadi banjir.

Anda dapat melihat ban di depan, samping dan belakang dengan membuka kap, bagasi, dan pintu mobil. Mobil yang memiliki tabrakan, rangka tubuh tidak akan dapat kembali dengan sempurna seperti ketika itu dibentuk oleh pabrik, jadi jika ada kerangka tubuh yang terlihat kurang elegan, maka harus dihindari.

Meskipun Anda dapat menghindari mobil bekas dari banjir dengan memastikan bahwa area yang digunakan taksi berfungsi. Jika mobil beroperasi di area yang sebelumnya tidak pernah banjir, dapat dikatakan aman dari banjir.

Selain itu, pemeriksaan terperinci juga dapat ditemukan di bagian dalam mobil. Bau mobil bekas banjir akan berbau, dan ada residu lumpur yang benar-benar kotor di antara interior, jadi Anda harus berhati-hati untuk memeriksanya.

5. Bandingkan Biaya Perbaikan Sendiri atau Perbaikan oleh Penjual

Beberapa dealer taksi bekas menjual mobil dengan pilihan kondisi. Seperti kondisi bahan, yang artinya mobil itu dalam kondisi yang sama, tetapi dealer memastikan bahwa mobil itu cocok untuk jalan. Harga yang ditawarkan relatif murah, tetapi Anda harus melakukan berbagai penyesuaian sendiri untuk menghilangkan kesan taksi pada mobil. Seperti mengecat ulang, mengganti roda, untuk menambah suara.

Dealer biasanya menjual taksi bekas dengan kondisi mobil yang dimodifikasi. Mereka mengecat ulang roda, mengubah suara dan memasangnya untuk meningkatkan penampilan kendaraan menggunakan body kit. Tapi tentu saja ada harga yang harus dibayar untuk penyesuaian yang dilakukan.

Taksi bekas dalam hal bahan lebih cocok untuk Anda yang memiliki anggaran kecil tapi suka mengoprek. Jadi Anda dapat secara bertahap menginstal perbaikan otomatis saat Anda dapat menggunakan mobil.

Sementara itu, jika Anda adalah tipe yang tidak punya waktu untuk merawat mobil, membeli mobil yang telah dimodifikasi dan diperbaiki oleh dealer adalah pilihan bijak meskipun harus menghabiskan lebih banyak uang di awal.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*