cara mengemudi mobil matic

5 Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Irit

Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Irit – Mobil matic memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan mobil manual. Pemilik mobil Matic tidak perlu lagi berjalan di kopling dan menggeser persneling menggunakan gigi, karena didukung oleh sistem di dalam mobil komputer.

Sayangnya, ada harga yang harus dibayar untuk kenyamanan ini. Selain harga mobil otomatis lebih mahal daripada mobil manual, konsumsi bahan bakar mobil otomatis terkenal karena lebih boros.

Tapi jangan khawatir, apakah ada cara untuk membuat mobil otomatis lebih efisien bahan bakar daripada mobil manual? Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan.

cara mengemudi mobil matic
cara mengemudi mobil matic agar irit

1. Menginjak Pedal Gas Terus Menerus

Banyak orang mengatakan kepada pengemudi yang merasa mobil mereka sia-sia, untuk mengirim kaki mereka ke sekolah. Apa artinya Ternyata tujuan mengirim kaki Anda ke sekolah adalah untuk bersabar ketika Anda menekan pedal gas saat mengemudi, serta mobil otomatis.

Untuk membuat kendaraan efisien bahan bakar, pengemudi harus menekan pedal secara terus menerus. Hindari keinginan untuk berjalan sangat dalam pedal gas untuk mencapai akselerasi cepat. Pegang pedal terus menerus dan biarkan kecepatan meningkat secara bertahap.

Selain itu, perhatikan waktu yang tepat ketika menyalip mobil lain. Karena waktunya tidak tepat, misalnya ketika kondisi jalan di bagian depan macet, itu akan menyebabkan Anda bergegas melewati gas dan menginjaknya sampai menyerap lebih banyak bahan bakar.

2. Perhatikan Pengisian Mobil

Semakin besar beban pada mobil, semakin banyak bahan bakar menjadi boros, seperti yang Anda tahu, mobil otomatis dan manual. Anda harus mengosongkan barang yang tidak perlu Anda bawa saat bepergian.

Hindari juga aksesori mobil yang tidak memengaruhi kinerja mobil, karena aksesori itu menambah bobot mobil.

3. Pertahankan RPM saat Mengemudi

Salah satu cara mudah untuk memeriksa pedal akselerator secara konsisten adalah dengan memperhatikan jarum atau instruksi RPM pada speedometer. Putaran mesin ini per menit menunjukkan seberapa berat mesin, yang berarti bahwa semakin tinggi putaran mesin per menit, semakin cepat mesin akan berputar dan konsumsi bahan bakar akan meningkat.

Pertahankan RPM pada 2.000-2.500 sambil berjalan santai di mobil otomatis. Mempertahankan jumlah putaran per menit di mobil otomatis jauh lebih mudah daripada di mobil manual, karena mobil otomatis akan secara otomatis menaikkan persneling sesuai dengan kedalaman pedal kaki. Jika Anda terus-menerus menginjak gas, mobil otomatis selalu menaikkan gigi pada jumlah putaran yang sama per menit.

Jika Anda terburu-buru tetapi masih ingin menghemat bahan bakar, pastikan tidak melebihi 3.000 rpm.

Cek Artikel Kami yang Lain: Generasi Hijau

4. Menetralisir Gigi ketika Ada Kesempatan untuk Berhenti untuk Periode yang Cukup

Mobil Matic dapat berjalan sendiri tanpa harus menekan pedal gas pada kecepatan yang layak, membuat konsumsi bahan bakar mobil otomatis lebih boros.

Anda dapat mencegah mobil bekerja secara otomatis dengan menempatkan gigi pada posisi netral ketika kendaraan telah diparkir cukup lama, misalnya ketika lampu menyala merah atau ketika macet. Tempatkan mobil di gigi netral agar mesin tidak terus mendorong kendaraan ke depan. Selain itu, dapat menghemat rem karena tidak ada dorongan dari mesin untuk membuat mobil berjalan.

5. Atur Kecepatan Kendaraan agar Tidak Kelebihan Beban terlalu Sering

Karena mobil otomatis dapat tergelincir tanpa pedal gas, kadang-kadang pengemudi masih ingin menginjak pedal gas sehingga kendaraan berjalan sangat cepat dan segera tercermin dalam tekanan pada rem sehingga gas yang dikeluarkan menjadi tidak berguna.

Kami menyarankan Anda membiasakan diri menjaga kecepatan kendaraan sehingga tidak akan dicabut segera setelah menekan gas untuk menghemat lebih banyak bahan bakar. Gunakan akselerator hanya sebagai daya tambahan untuk membuat mobil berjalan lebih cepat.

Bukankah sulit membuat mobil otomatis lebih irit bahan bakar? Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah membiasakan diri. Ayo, lakukan tips ini.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*