15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Dalam diskusi ini kami akan menjelaskan pengertian tradisi menurut para ahli. Apa pemahaman tradisi menurut para ahli ini telah dirangkum secara penuh dari berbagai sumber.

Tradisi sangat terikat dengan kebiasaan yang dipraktikkan oleh orang dahulu dan masih dipraktikkan oleh orang-orang dari generasi ke generasi. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan dari situs trifaris.net ini dengan cermat.

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi tradisi yang dibahas oleh para ahli.

1. Soerjono Soekamto (1990)

Menurut Soerjono Soekamto, definisi tradisi adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang secara berkelanjutan (berulang kali).

2. WJS Poerwadaminto (1976)

Menurut WJS Poerwadaminto, definisi tradisi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan dalam masyarakat yang terus dilakukan, seperti adat istiadat, budaya, kebiasaan dan kepercayaan.

3. Van Reusen (1992: 115)

Menurut Van Reusen, definisi tradisi adalah pewarisan atau aturan adat, aturan, barang. Tetapi tradisi bukanlah sesuatu yang tidak bisa diubah. Tradisi justru kombinasi dengan berbagai tindakan manusia dan dibangkitkan secara keseluruhan.

4. Bastomi (1984: 14)

Memahami tradisi menurut Bastomi adalah semangat budaya, dengan tradisi sistem budaya itu akan menjadi solid. Jika tradisi dihilangkan, ada harapan bahwa bahkan budaya akan berakhir pada saat itu. Untuk sesuatu dalam tradisi itu sering diuji untuk efektivitas dan efisiensinya.

Efektivitas dan efisiensinya selalu mengikuti jalur pengembangan elemen budaya. Berbagai bentuk sikap dan tindakan untuk mengatasi masalah jika tingkat efektifitas dan efisiensinya rendah akan segera ditinggalkan oleh pelaku dan tidak akan menjadi tradisi. Tentu saja sebuah tradisi akan beradaptasi dan beradaptasi berdasarkan situasi dan kondisi orang-orang yang mewarisinya.

5. Piotr Sztompka (2011: 69-70)

Menurut Piotr Sztompka, definisi tradisi adalah himpunan benda dan gagasan material yang berasal dari masa lalu tetapi masih ada sampai sekarang, belum dihancurkan, dihancurkan atau dilupakan. Di sini tradisi berarti hanya warisan, yang sebenarnya tersisa dari masa lalu.

6. Shils (1981: 12)

Menurut Shils, definisi tradisi adalah semua yang disalurkan atau diwariskan dari masa lalu ke masa sekarang. Kriteria tradisional selanjutnya dapat dibatasi dengan mempersempit ruang lingkup.

7. Coomans, M (1987: 73)

Memahami tradisi menurut Coomans, M adalah kerangka kerja sikap dan perilaku manusia yang telah dielaborasi sejak lama dan diteruskan dari generasi ke generasi mulai dari nenek moyang. Tradisi yang telah mengakar akan menjadi sumber moralitas dan karakter.

8. KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia)

Memahami tradisi menurut KBBI adalah kebiasaan selama beberapa generasi (oleh leluhur) yang masih dipraktikkan oleh masyarakat; evaluasi atau hipotesis bahwa metode yang ada adalah yang terbaik dan benar.

9. Wikipedia

Memahami tradisi menurut Wikipedia adalah tradisi atau kebiasaan adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan sekelompok orang, biasanya dari suatu negara, budaya, waktu atau agama itu sendiri.

10. Hasan Hanafi

Definisi tradisi menurut Hasan Hanafi adalah semua warisan masa lalu yang datang kepada kita dan memasuki budaya saat ini.

11. Funk and Wagnall di Muhaimin

Arti tradisi menurut Funk dan Wagnall adalah pengetahuan, doktrin, kebiasaan, praktik, dan lainnya yang dipahami sebagai pengetahuan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi, termasuk cara untuk mentransmisikan doktrin dan praktik ini.

12. Khazanah Indonesia

Memahami tradisi menurut Khazanah Indonesia semuanya seperti kebiasaan, kebiasaan, ajaran, dll, yang telah diwariskan oleh leluhur.

13. Mardimin

Memahami tradisi menurut Mardimin adalah kebiasaan yang diwariskan dalam masyarakat dan merupakan kebiasaan kolektif dan kesadaran kolektif suatu komunitas.

14. Harapan di Dahri

Definisi tradisi menurut Harapanandi Dahri adalah kebiasaan yang terus diterapkan dengan berbagai simbol dan aturan yang berlaku untuk suatu komunitas.

15. Ensiklopedia

Memahami tradisi menurut Encyclopaedia adalah kebiasaan atau tradisi “personal” komunitas yang telah diulang selama beberapa generasi.

Jadi telah dijelaskan tentang 15 Definisi Tradisi menurut para ahli (Diskusi lengkap), diharapkan akan meningkatkan intuisi dan pengetahuan Anda. Terima kasih telah mengunjungi dan jangan lupa membaca artikel lainnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*